Page

Minggu, 30 Januari 2011

Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tidur nyenyak adalah dasar yang kuat untuk kesehatan mental dan fisik. Sel-sel tubuh kita membutuhkan istirahat untuk berfungsi optimal. Tapi sayangnya, jutaan orang menderita INSOMNIA sehingga kelelahan, kurang awas, mental, dan lemah secara fisik. Untuk menikmati tidur nyenyak dan menyehatkan, bisa anda coba mengikuti tips ini :



1. Jangan makan malam terlalu kenyang

Usahakan makan malam di bawah pukul 19.00 sehingga kita tidur tidak dalam keadaan perut penuh dengan makanan atau perut sedang memproses makanan.

2. Kurangi kegiatan yang menyita mental setelah pukul 20.30

3. Matikan lampu mulai pukul 22.00

Jika belum terbiasa tidur pada jam ini, majukan waktu tidur setengah jam lebih awal setiap minggunya sampai akhirnya kita terbiasa tidur pukul 22.00. (nb: untuk yang terbiasa tidur jam 21.00 itu lebih baik)

4. Mandi air panas sejam sebelum tidur

Apabila ada aroma terapi lebih baik lagi untuk membuat kita lebih rileks. Jika memungkinkan, dengarkan musik yang lembut dan menenangkan.

5. Minum air hangat berupa susu atau yang lainnya.

6. Menulis buku harian sesaat sebelum tidur

Mendownload pikiran kita yang begitu aktif ke dalam buku harian, sehingga kepala kita tidak terlalu penuh lagi.

7. Bacalah buku

Jangan pilih novel dramatis atau bacaan yang membutyhkan pemikiran, pilih buku yang memberi inspirasi.

8. Rasakan tubuh kita ketika sudah berbaring di tempat tidur.

Tutup mata dan rasakan tubuh kita. Dengan cara itu kita membawa perhatian ketubuh. Jika ada ketegangan dibagian tubuh tertentu, bawa rileks daerah itu.

9. Perhatikan nafas sampai tertidur

Tindakan ini bisa sangat membantu, mengingat kita masih berbaring di tempat tidur. Diam-diam amatilah nafas, saat itu aktifitas metabolisme berada dalam keadaan lambat, sama seperti ketika kita tidur nyenyak. Pada saat ini juga dapat memberikan pahala lebih pada kita dengan cara bertasbih.

10. Jangan lupa berdoa

Doa adalah pusat segala ketentraman.

*Drs. Abidin notes

Tidak ada komentar: