Page

Senin, 17 Januari 2011

Anda di cuekin ? Mau tipsnya ?

Anda di cuekin ? Mau tipsnya ?

Pernahkah anda merasakan situasi di mana orang yang diajak berbicara tidak memperhatikan Anda *dicuekin ? Kini, Anda bisa menilai lansung apakah orang yang anda ajak bicara memperhatikan Anda atau tidak. Caranya, tatap matanya.

Menurut neuroscientist Dr. Daniel Smilek, dari University of Waterioo, Ontario, Kanada, jika lawan bicara Anda terlalu banyak mengedipkan mata, bisa diartikan bahwa pikiran lawan bicara Anda sedang tidak fokus pada pembicaraan Anda.

Terlalu banyak berkedip menunjukkan pikiran seseorang sedang ‘berkelana’. Sehingga seseorang akan sulit untuk fokus pada pembicaraan Anda.

Tanda kedipan mata bisa mejadi salah satu faktor untuk menilai seseorang. Begitu juga “kita bisa melihat gerakan tubuh seseorang saat menerima informasi dari luar”.

Penelitian dengan melibatkan sekiranya 15 orang sukarelawan yang dihadapkan dengan sensor layar komputer untuk merekam setiap gerakan kedipan pada mata. Setiap sukarelawan kemudian disuruh untuk membaca dan mengobrol dengan seseorang untuk mengalihkan perhatian. Diketehui setiap orang yang pikirannya sedang menerawang akan sering melakukan kedipan mata.

“kami melihat bahwa saat Anda mulai berfikir, tanpa di sadari mata Anda akan melakukan gerakan sebagai respon mendapatkan informasi masuk ke otak.”

Penelitian itu juga mendukung teori sebelumnya yang menyebutkan bahwa orang berbohong lebih banyak mengedipkan mata.

Apakah Anda termasuk yang sering berkedip tatkala sedang di ajak berbicara ? kini anda dapat menilainya sendiri. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: