Page

Selasa, 25 Januari 2011

The 7 Habits of Highly Effective Teens


The 7 Habits of Highly Effective Teens

Ini adalah salah satu program yang diberikan oleh sekolah saya saat SMA INDOCEMENT agar membentuk siswa-siswi yang sukses kelak.

Kehidupan remaja saat ini bukanlah kehidupan yang sepenuhnya menyenangkan. Diluar sana kini remaja harus berhadapan dengan banyak resiko yang tidak dihadapi oleh orang tua pada masa lalu. Mereka harus berhadapan dengan godaan narkoba, seks bebas, pornografi, dan tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik serta lingkungan yang tidak bersahabat.

Berbagai tantangan yang dihadapi saat ini, membuat remaja berada dalam suasana yang dilematis untuk menentukan pilihan yang terbaik bagi dirinya. Peran orang tua dan guru menjadi bagian yang penting bagi perkembangan remaja dewasa ini, tetapi yang paling penting adalah remaja harus mempunyai kendali atas dirinya sendiri.

The 7 Habits of Highly Effective Teens membantu remaja untuk menemukan kunci kesuksesan yang efektif, maka dari itu saya mencoba membaginya kepada kalain sahabat-sahabatku.

Habit 1 “JADILAH PROAKTIF”

Dengan menguasai kebiasaan pertama, seorang remaja akan mempunyai kendali atas dirinya sendiri sehingga tidak mudah terpengaruh hal negatif.

Habit 2 “MULAI DENGAN TUJUAN AKHIR”

Mengajarkan tentang kamu ingin menjadi apa dan apa yang ingin kamu kejar dan selesaikan dalam hidupmu. Intinya seorang remaja dapat menentukan tujuan dan sasaran hidupnya.

Habit 3 “DAHULUKAN YANG UTAMA”

Ada banyak sekali kegiatan pada masa remaja, tetapi pada tahap ini seorang remaja dituntut mampu menyusun prioritas dan mendahulukan hal-hal yang penting.

Dengan menguasai Habit 1 sampai 3, kamu akan meraih kemenangan pribadi.

Habit 4 “BERPIKIR MENANG-MENANG”

Menang disini bukan berarti hanya untuk diri sendiri. Seorang remaja yang berpikir menang-menang akan memberikan manfaat baik kepada orang lain, dan mengembangkan sikap SEMUA ORANG BISA MENANG.

Habit 5 “BERUSAHA MENGERTI DAHULU, BARU DIMENGERTI”

Setiap individu memerlukan teman untuk bertukar informasi, share, atau curhat. Intinya kita harus memahami teman kita dahulu baru kita akan di pahami oleh teman kita. Tapi ingat, memahami bukan berarti menggurui.

Habit 6 “WUJUDKAN SINERGI”

Apasih sinergi itu ? Sinergi tercapai setiap kali kamu menggabungkan tindakan-tindakan kooperatif atau kerjasama untuk mencapai tujuan bersama, bukan untuk tujuanmu sendiri.

Kalau sudah menguasai habit 4 sampai 6, kamu akan meraih kemenangan publik.

Habit 7 “ASAHLAH GERGAJI”

Kebiasaan yang menjadi penentu dalam mencapai kemenangan pribadi dan kemenangan publik. Kebiasaan ini membimbing kita untuk mampu menjaga keseimbangan empat dimensi kehidupan yang kita miliki, yaitu tubuh, otak, hati, dan jiwa.

Bagaimana ? Menarik bukan ? Tunggu apa lagi, ayo ikuti kegiatan dan tunjukkan pada semua orang bahwa anda bisa menjadi orang SUKSES.

Tidak ada komentar: