Page

Jumat, 14 Januari 2011

Apa yang bisa kita perbuat ?

Apa yang bisa kita perbuat apabila orang tua telah meninggal dunia ?

Allah SWT telah berfirman “akan putus amalan seseorang apabila ajal telah datang”. Apa yang anda pikirkan apabila salahsatu orang tua kalian meninggal dunia ? pasti rasa sedih, marah, emosi, dan putusa asa akan ada pada siapapun yang telah kehilangan orang tua yang kita sayang. Namun, alangkah baiknya apabila kita pasrah dan menerima apa yang telah di takdirkan oleh sang khalik karena itu ada kebaikan dari semua kejadian yang ada di bumi ini.

Sesuai frman Allah yang berbunyi “akan putus amalan seseorang apabila ajal telah datang” dalam firman ini sebenarnya ada tambahannya yaitu “kecuali ada 3 amal yang akan menyelamatkannya dalam siksa kubur yaitu (1) Ilmu yang bermanfaat (2) Infaq selama hidup (3) Doa anak yang sholeh.

Dari ketiga amal yang tidak akan putus itu, pernahkah kita berfikir ? Apakah orang tua kita mengamalkan ketiganya selama ia hidup ?

(1) Ilmu yang bermanfaat

Yang perlu anda pikirkan sebagai seorang anaknya adalah apakah orang tua kita seseorang yang mempunyai ilmu yang banyak, selalu mengamalkan ilmunya walaupun sedikit, atau tidak mempunyai ilmu dan tidak pernah mengamalkannya ? sebagai anak kita bisa bersyukur apabila orang tua kita adalah seorang guru yang selalu memberikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain, namun apabila tidak berilmu apa yang akan menolongnya di dalam kubur ?

(2) Infaq selama hidup

Yang perlu anda pikirkan adalah apakah orang tua kita seorang yang kaya raya ? apabila iya apakah orang tua kita selalu berbagi kekayaannya kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan ? apabila tidak itulah yang berat. Tidak akan ada amal shodakoh yang akan meringankan siksanya di dalam kubur.

(3) Doa anak yang sholeh

Sepertinya hanya amalan yang ketiga ini yang bisa kita perbuat untuk membantu orang tua kita yang telah meninggal. Apalagi apabila orang tua kita tidak punya ilmu yang bermanfaat untuk di bagikan (buta huruf/bodoh) dan tidak mempunyai kekayaan untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan. Kita harus berusaha mengubah jalan hidup kita sebagai anaknya untuk lebih baik dan menjadi anak yang sholeh walau orang tua kita tidak pernah mendidik kita untuk menjadi orang yang sholeh tapi kita harus merubah diri kita agar dapat membantu orang tua kita yang telah meninggalkan dunia yang haya sementara ini.

Semoga tulisan ini dapat memotifasi kita sebagai anak dari kedua orang tua kita untuk menjadi lebih baik dan sholeh agar dapat membantu orang tua kita yang telah meninggal dunia.

Tidak ada komentar: