Page

Rabu, 20 Oktober 2010

Squama atau Sisik Ikan


Squama atau Sisik
Perbedaan antara squama ctenoid, cycloid, dan ganoid :

1.Ctenoid
Yaitu sisik yang berbentuk sisir. pada bagian posterior sisik ctenoid dilengkapi dengan ctenii (gerigi kecil). Sisik ini ditemukan pada golongan ikan teleostei, Pertumbuhan pada tipe sisik ini adalah bagian atas dan bawah, tidak mengandung dentine atau enamel dan kepipihannya sudah tereduksi menjadi lebih tipis, fleksibel dan transparan. Penempelannya secara tertanam ke dalam sebuah kantung kecil di dalam dermis dengan susunan seperti genting yang dapat mengurangi gesekan dengan air sehingga dapat berenang lebih cepat.

2.Cycloid
Yaitu sisik pertumbuhan berlangsung dengan membentuk lingkaran tambahan yang konsentris.Sisik ini ditemukan pada golongan ikan teleostei, tidak di lengkapi dengan gerigi kecil pada sisik. , Pertumbuhan pada tipe sisik ini adalah bagian atas dan bawah, tidak mengandung dentine atau enamel dan kepipihannya sudah tereduksi menjadi lebih tipis, fleksibel dan transparan.

3.Ganoid
Yaitu sisik yang berbentuk belah ketupat di tengah.Jenis sisik ini dimiliki oleh ikan-ikan Lepidosteus (Holostei) dan Scaphyrynchus (Chondrostei). Sisik ini terdiri dari beberapa lapisan yakni lapisan terluar disebut ganoine yang materialnya berupa garam-garam an-organik, kemudian lapisan berikutnya dalah cosmine, dan lapisan yang paling dalam adalah isopedine. Pertumbuhan sisik ini dari bagian bawah dan bagian atas. Ikan bersisik type ini adalah antara lain, Polypterus, Lepisostidae, Acipenceridae dan Polyodontidae.

Tidak ada komentar: