Page

Rabu, 27 Oktober 2010

Buat Majalah Sekolah Yuuk


Majalah Sekolah

Kita semua pasti butuh berita, termasuk berita yang menyangkut tentang sekolah dan dunia di sekitar kita. Untuk itu di perlukan suatu media penyampai informasi yang dapat memberikan setiap murid berita yang mereka butuhkan, dan dapat menjadi pelajaran bagi para redaksinya untuk mengembangkan kreativitasnya. Media penyampai informasi yang juga mengajari mereka menjadi seorang penyampai berita yang baik, karena semuanya itu di kerjakan oleh murid itu sendiri. Media informasi itu bisa dalam berbagai bentuk, bisa dalam bulletin sekolah, koran sekolah, maupun majalah sekolah. Nah, kali ini kita akan membahas tentang majalah sekolah.

Apakah sahabat remaja sudah memiliki majalah sekolah? Majalah sekolah sesungguhnya sangan penting untuk sebuah sekolah, karena dengan adanya majalah sekolah, bakat-bakat sahabat belia yang berkaitan dengan desai grafis, fotografi, seni artistik, jurnalistis, menulis, hingga berbisnid dapat di kembangkan denga hadirnya majalah di sekolahmu.

Mungkin bagi remaja yang sudah memiliki majalah sekolah tentu sudah tahu sedikit banyak seluk-beluk tentang dunia majalah. Namun bagi yang belum, kami akan memberikan pengalaman kami agar kalian menjadi termotivasi untuk mengadakan majalah sekolah di sekolah kalian, terutama bagi kalian yang menjabat pengurus OSIS.

Bagi sahabat yang ingin membuat majalah di sekolahnya, yang pertama kali harus kalian lakukan adalah membuat tim. Tim tersebut harus berisikan struktur keanggotaan yang wajib ada, seperti pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, konsep isi dan sampul, sekretaris, bendahara, penulis, wartawan dan fotografer, distributor, serta tim pendukung. Untuk tambahannya, kalian juga bisa memasukan illustrator, pemasaran, public relation, iklan, promosi, pengembang bisnis, dan beberapa struktur keanggotaan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan majalah kalian.

Setelah keanggotaan terbentuk, saatnya kalian tentukan konsep majalah kalian, yaitu menentukan apa saja materi yang akan kalian berikan di majalah tersebut apakah seluruhnya berisi tentang sekolah kalian, atau kalian bumbui isi di dalamnya dengan berbagai hal menarik bagi kalian. Selain itu, kalian harus membahas sistem penerbitan, apakah akan diterbitkan per dua minggu atau per bulan. Setelah itu kalian harus membuat daftar tugas setiap redaksi agar kalian tahu tugas masing-masing anggota dan dapat mengidentifikasi berbagai masalah yang ada di setiap bagian, mulai dari tema apa yang akan kalian angakat pada penerbitan selanjutnya hingga bagaimana majalah tersebut dapat di salurkan kepada pembacanya dan bagaimana pula sistem marketing yang akan di ambil.

Setelah identifikasi pemasalahan, kalian harus pikirkan inventaris yang kalian butuhkan. Kalian harus mendata berbagai barang yang kalian butuhkan seperti kamera, PC, recorder, buku tugas, ruang kerja, dll. Setelah itu kalian kalkulasikan barang-barang tersebut dalam kisaran harga.

Jika semua itu telah kalian persiapkan, saatnya kalian buat proposal yang meyakinkan untuk kalian ajukan ke sekolah yang sebelumnya telah kalian bahas terlebih dahulu dalam rapat pengurus OSIS. Meski terkesan sedikit ribet dan perlu perjuangan yang berat, tetapi hadirnya majalah sekolah akan ada banyak manfaatnya, dan manfaat paling besar akan di dapat oleh kalian yang menjabat menjadi redaksi di majalah sekolahmu.

Ayo kita ramaikan dan buat eksis sekolah kita dengan majalah sekolah. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: