Page

Kamis, 10 Maret 2011

PENGALAMAN DI DALAM RUMAH KACA

PENGALAMAN DI DALAM RUMAH KACA

Pasti sebagian orang sudah mengetahui tentang rumah kaca, apalagi bagi kalian yang suka dengan permain “harvest moon” di PS 1 sudah tidak asing lagi apa itu rumah kaca dan guna rumah kaca tersebut. Rumah kaca berguna pada saat musim dingin, yaitu untuk menanam sayuran atau tanaman seperti bunga yang tidak dapat hidup di luar dengan udara yang dingin namun bisa di tanam di dalam rumah kaca untuk tetap mendapatkan panas dari matahari walau sedikit.

Rumah kaca adalah sebuah bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas atau plastik. Menurut sumber dalam rumah kaca terasa panas karena radiasi elektromagnetik yang datang dari matahari memanaskan tumbuhan, tanahn dan barang lainnya di dalam bangunan itu.

Pengalaman saya saat di rumah kaca pada siang hari yang cerah, suhu yang terasa di luar rumah kaca dengan di dalam rumah kaca terasa berbeda dimana saat sebelum masuk rumah kaca cuaca masih terasa sejuk, tetapi saat awal masuk ke rumah kaca saja sudah terasa suasana yang berbeda perbedaan suhu telah terasa lebih panas, kalau di ingat-ingat seperti saat kita berada di dalam mobil yang ada di parkiran dengan kaca tertutup dan tanpa AC atau udara. Lama kelamaan di dalam rumah kaca terasa pengap (kepanasan) dan setelah cukup lama akhirnya saya keluar.

Pengalaman saya ini sesuai dengan apa yang saya cari dari sumber lain di internet. Menurut sumber, hal ini terjadi karena sinar matahari yang menembus kaca dipantulkan kembali oleh tanaman/tanah di dalam ruangan rumah kaca sebagai sinar inframerah yang berupa panas. Sinar yang dipantulkan tidak dapat keluar ruangan rumah kaca tersebut sehingga udara di dalam rumah kaca suhunya naik dan panas yang dihasilkan terperangkap didalam ruangan rumah kaca dan tidak tercampur dengan udara diluar rumah kaca. Akibatnya, suhu didalam ruangan rumah kaca lebih tinggi daripada suhu di luarnya dan hal tersebut dikenal sebagai efek rumah kaca.

Tidak ada komentar: