Page

Selasa, 16 November 2010

Pakan Menjadi Ransum

Pakan adalah sumber makanan untuk hewan (ternak), lain lagi dengan pangan yang untuk manusia. Pakan untuk ternak (unggas) tidak boleh dari sumber makanan yang sama dengan manusia contohnya padi ataupun beras karena itu sudah melanggar syarat dari pakan ternak (unggas).

Dalam penyusunan pakan ternak unggas yang baik adalah mengusahakan penyusunan yang dari segi teknis dan ekonomis memenuhi persyaratan. Dengan demikian, bisa di harapkan kesempatan untuk memperoleh nutrisi pakan ternak yang baik dan ekonomis.

Agar produksi daging dan telur ternak sesuai dengan yang di harapkan dibutuhkan kualitas paka yang lebih baik di bandingkan dengan pakan ternak unggas sekedar dipelihara (hobi).

Memilih pakan yang efisien :

1. Mengandung karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh ayam untuk menghasilkan energi.


2. Mengandung lemak
Lemak merupakan senyawa organik yang berfungsi sebagai penghasil energy dan juga berfungsi sebagai pelarut Vitamin A, D, E dan K.


3. Mengandung protein
Protein berfungsi vital sebagai pengganti sel-sel tubuh yang rusak dan sebagai pembangun tubuh.


4. Mengandung mineral
Meskipun dibutuhkan hanya sedikit, mineral mempunyai peran yang sangat penting bagi fungsi fisiologi tubuh ayam.


5. Vitamin
Vitamin yang dibutuhkan oleh ayam dapat digolongkan menjadi dua golongan. Vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak ialah vitamin A, D, E dan K, sedangkan yang larut dalam air ialah kelompok Vitamin B (B1, B2, B6 dan B12) dan vitamin C.


6. Air
Meskipun air tidak mengandung gizi dan juga tidak dapat menghasilkan energi, tetapi keberadaan sangat dibutuhkan oleh ayam.

Ransum adalah gabungan atau campuran dari beberapa bahan pakan yang sudah diatur takaran saji dalam satu ransum.

Beberapa jenis bahan pakan yang dapat di jadikan satu menjadi ransum :

1. 1. Jagung

2. 2. Bekatul

3. 3. Bungkil kedelai

4. 4. Tepung ikan

5. 5. Gaplek

Tidak ada komentar: