Senin, 15 November 2010

Klasifikasi Unggas

Puyuh

Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang, biasanya berwarna coklat, telurnya belang, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek dan dapat diadu. Burung puyuh disebut juga Gemak (Bhs. Jawa-Indonesia). Bahasa asingnya disebut “Quail”, merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakan di Amerika Serikat, tahun 1870. Dan terus dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dikenal, dan diternak semenjak akhir tahun 1979. Kini mulai bermunculan di kandang-kandang ternak yang ada di Indonesia.

Itik

Itik dikenal juga dengan istilah Bebek (bhs.Jawa). Nenek moyangnya berasal dari Amerika Utara merupakan itik liar ( Anas moscha) atau Wild mallard. Terus menerus dijinakkan oleh manusia hingga jadilah itik yang diperlihara sekarang yang disebut Anas domesticus (ternak itik). Ciri-ciri fisik dari itik diantaranya warna kebanyakan coklat, ukuran tubuh relatif sedang, bisa berenang di air, paruh lebih panjang, dikaki terdapat selaput (untuk berenang).

Ayam

Ayam adalah salah satu jenis unggas yang ada. Ayam ada 2 fungsi yaitu sebagai petelur dan pedaging. Ciri-ciri khas diantaranya mempunyai jengger biasanya berwarna merah, ukuran relatif sedang, berwarna menarik, mempunyai suara yang bagus (khas), dikaki terdapat kuku tambahan di belakang (tanduk).

Klasifikasi Ilmiah

Jenis

Kerajaan

Filum

Kelas

Ordo

Famili

Genus

Puyuh

Animalia

Chordata

Aves

Galliformes

Phasianidae

Coturnix

Itik

Animalia

Chordata

Aves

Anseriformes

Anatidae

Anas

Ayam

Animalia

Chordata

Aves

Galliformes

Phasianidea

Gallus

Tidak ada komentar: