Page

Kamis, 10 Maret 2011

SEL

PEMBAHASAN PRAKTIKUM SEL

1. Tulang Kompak

Tulang kompak terdiri dari sistem-sistem Havers. Setiap sistem Havers terdiri dari saluran Havers (Canalis= saluran) yaitu suatu saluran yang sejajar dengan sumbu tulang, di dalam saluran terdapat pembuluh-pembuluh darah dan saraf.

2. Jaringan Otot

Pada dasarnya jaringan otot terdiri atas sel-sel otot yang sering disebut serabut-serabut otot. Jaringan otot pada dasarnya juga mengandung jaringan ikat yang biasanya menyelubungi otot.

3. Sel Rambut

Sel-sel rambut adalah reseptor sensorik dari kedua sistem pendengaran dan sistem vestibular di semua vertebrata.

4. Sel Jantung

Sel otot jantung membangun untuk membentuk otot lurik untaian disengaja, yang membentuk dinding jantung, yang disebut miokardium. Di bawah mikroskop, alur otot lurik terlihat seperti link rantai panjang. Tidak seperti sel-sel otot lain, sel-sel jantung sangat tahan terhadap kelelahan karena mereka memiliki lebih dari organel mitokondria sel lain dalam tubuh. Mitokondria adalah "sistem pencernaan," sebuah sel yang memecah nutrisi menjadi energi sel. Ini kelangsungan penyediaan energi membantu menghentikan kelelahan otot.

5. Sel Hati

Pada sel ini terdapat lisosom, yaitu organel yang berfungsi untuk menghasilkan enzim lisozim untuk pencernaan. Selain itu, sel hati juga banyak mengandung perioksisom yang menghasilkan enzim katalase yang berperan dalam menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh.

6. Sel Kulit

Jaringan kulit merupakan jaringan yang menutupi jaringan lain. Jaringan ini meliputi epitel sederhana dan epitel berlapis. Jaringan epitel sederhana hanya terdiri dari satu lapis sel. Contohnya adalah jaringan epitel pipa sebelah dalam. Jaringan epitel berlapis terdiri atas beberapa lapis sel.

7. Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi. Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Di bagian atas (superior) ginjal terdapat kelenjar adrenal (juga disebut kelenjar suprarenal).

8. Jaringan Epitel

Jaringan epitel merupakan jaringan yang melapisi permukaan tubuh dan membatasi rongga tubuh. Jaringan ini hampir ditemukan diseluruh permukaan tubuh.Jaringan epitel yang melapisi lapisan luar tubuh disebut epithelium, jaringan epitel yang membatasi rongga tubuh disebut mesotelium dan jaringan epitel yang membatasi organ disebutendothelium.

Tidak ada komentar: